https://journalofserviceclimatology.org/Dubes Inggris Ucap Selamat Atas Pemilu RI, Sebut Pesta Besar Demokrasi

journalofserviceclimatology.org – Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Dominic Jermey, menyampaikan pujian atas penyelenggaraan pemilu di Indonesia yang berlangsung pada tanggal 14 Februari. Dubes Jermey, bersama dengan delegasi internasional lainnya, diundang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia untuk mengikuti program kunjungan pemilu yang memungkinkan mereka untuk menyaksikan secara langsung proses demokrasi di Indonesia.

Dalam sebuah unggahan pada akun media sosial miliknya, Jermey mengucapkan selamat kepada warga Indonesia atas partisipasi mereka dalam pemilu 2024, yang dia sebut sebagai perayaan demokrasi terbesar. Ia juga memberikan apresiasi kepada para kandidat yang telah berkampanye di penjuru negeri.

Sebelumnya, Matthew Miller sebagai Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat juga memberikan ucapan selamat terkait penyelenggaraan pemilu di Indonesia. Ia menghargai antusiasme warga Indonesia dalam berpartisipasi di pemilu, yang mencerminkan komitmen mereka terhadap proses demokrasi dan lembaga pemilihan umum di negara tersebut.

Miller menyatakan bahwa pihaknya menunggu pengumuman resmi dari KPU tentang hasil pemilu, dan menyampaikan bahwa Amerika Serikat berharap dapat melanjutkan kerja sama dengan Presiden Indonesia yang baru terpilih serta pemerintahannya yang akan datang.

Sementara itu, berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count pemilu presiden 2024 yang dilakukan berbagai lembaga survei, pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, tampaknya memimpin dengan persentase suara di atas 55 persen. Namun, perlu diingat bahwa hasil quick count merupakan hasil survei yang tidak resmi dan perhitungan suara resmi masih akan dilakukan oleh KPU.