https://journalofserviceclimatology.org/Rencana 3 Tahap Gencatan Senjata di Gaza Usulan Hamas

journalofserviceclimatology.org – Gerakan HAMAS telah mengemukakan sebuah usulan gencatan senjata bertahap di Gaza, Palestina, yang meliputi periode damai selama total 135 hari sebagai syarat untuk pelepasan tawanan, menurut informasi yang diterima dari seorang sumber Palestina pada hari Rabu, 7 Februari.

Pihak-pihak yang terlibat, termasuk Qatar, Mesir, dan Amerika Serikat, mengonfirmasi pada hari Selasa bahwa mereka telah menerima usulan detail dari HAMAS terkait kerangka kerja untuk gencatan senjata di Gaza dan proses pertukaran tawanan dengan Israel. “Usulan dari HAMAS terbagi dalam tiga fase, dimana setiap fase berdurasi 45 hari. Selama masa tersebut, akan terjadi penghentian total operasi militer dari kedua belah pihak dan dilakukannya pelepasan tahanan serta tawanan,” ungkap sumber tersebut kepada agensi Anadolu.

Untuk fase pertama, HAMAS bersedia melepaskan wanita, anak-anak, orang tua, dan mereka yang sakit yang saat ini ditahan oleh mereka, sebagai bagian dari kesepakatan yang mengharuskan Israel untuk membebaskan 1.500 tahanan mereka. “Fase awal dari rencana damai di Gaza ini juga mencakup pengiriman bantuan melalui tidak kurang dari 500 truk, pemulangan pengungsi, dan kebebasan pergerakan di seluruh wilayah Gaza,” tambah sumber tersebut. Selain itu, HAMAS meminta izin untuk memasukkan sekurang-kurangnya 60.000 unit perumahan sementara dan 200.000 tenda ke dalam wilayah Gaza pada fase pertama ini.

Serangan Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza menjadi pengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur. (Anadolu/Ant/Z-4)