Skip to content →

AS Akan Tempatkan Nuklir Taktis di Inggris, Rusia Tegang

journalofserviceclimatology.org – Menurut laporan yang dipublikasikan oleh surat kabar The Telegraph dari Inggris, Amerika Serikat sedang mempertimbangkan pengembalian senjata nuklir taktis ke Inggris, sebuah langkah yang belum terjadi selama 15 tahun terakhir. Informasi ini didasarkan pada dokumen dari Pentagon yang menunjukkan rencana pembangunan fasilitas baru di pangkalan Royal Air Force (RAF) Lakenheath di Suffolk, yang tampaknya ditujukan untuk menyimpan bom B61-12, yang memiliki daya ledak lebih besar dibanding bom atom yang pernah dijatuhkan di Hiroshima.

Penerbangan pesawat tempur F-35 yang dilengkapi kemampuan nuklir ke pangkalan tersebut pada tahun sebelumnya menambah indikasi terhadap rencana ini.

Kabar ini muncul di tengah peningkatan ketegangan antara Rusia dan aliansi NATO, yang telah memuncak karena situasi di Ukraina dan kekhawatiran akan ekspansi NATO ke arah timur, yang Rusia pandang sebagai salah satu pemicu konflik. Moskow telah menyuarakan bahwa langkah Amerika Serikat ini akan memaksa mereka untuk mengambil tindakan balasan.

Di Eropa, diskusi mengenai persiapan untuk kemungkinan konflik bersenjata dengan Rusia menjadi topik panas, dengan pernyataan dari pejabat tinggi militer NATO dan menteri pertahanan dari negara-negara anggota yang menegaskan perlunya kesiapsiagaan militer yang lebih komprehensif.

Sementara itu, Rusia menolak klaim Barat tentang rencana agresi terhadap NATO, dengan menekankan bahwa dakwaan tersebut merupakan bagian dari propaganda untuk membenarkan tindakan agresif yang diambil oleh beberapa negara Barat.

Published in Berita Internasional

Comments are closed.