https://journalofserviceclimatology.org/Israel Fokus Perluas Perang ke Lebanon, Hizbullah Balas Tembak Roket ke Militer Israel di Safad

journalofserviceclimatology.org – Militer Israel telah mengumumkan bahwa mereka mengirimkan pesawat tempur untuk melakukan serangan yang lebih meluas ke Lebanon selatan, di tengah upaya mereka yang belum berhasil untuk menaklukkan Hamas di Gaza. Jurubicara militer Israel, Daniel Hagari, menyampaikan bahwa jet-jet tempur telah melakukan “serangan gelombang besar” di wilayah Lebanon. Langkah ini diambil sebagai respon atas kejadian sebelumnya di mana seorang tentara Israel tewas dan delapan lainnya terluka akibat serangan roket yang berasal dari Lebanon selatan. Kelompok militan Hizbullah belum mengklaim tanggung jawab atas serangan tersebut.

Dilaporkan oleh Al Jazeera, Hizbullah dituduh telah menembakkan roket ke pos militer Israel di Safad, sebuah kota di utara Israel, sekitar 15 km dari perbatasan. Ini merupakan serangan yang terjadi jauh di dalam wilayah Israel, suatu tindakan yang jarang dilakukan oleh Hizbullah, menunjukkan ada pesan tertentu yang ingin disampaikan. Klaim tanggung jawab Hizbullah atas serangan ini juga dianggap tidak biasa, sebab kelompok tersebut biasanya membuat pernyataan segera setelah melakukan operasi militer dekat perbatasan.

Menurut laporan Al Jazeera, serangan ini bisa jadi merupakan bentuk pencegahan terhadap eskalasi serangan udara dan pembunuhan yang ditargetkan oleh militer Israel, yang telah meningkat terhadap pejabat Hizbullah dan Palestina. Dalam waktu lima hari terakhir, telah terjadi tiga serangan seperti ini, dan dengan demikian Hizbullah menyampaikan pesan, ‘Kami juga dapat menyakiti kalian’. Namun, kelompok tersebut tetap berhati-hati, dengan menargetkan posisi-posisi militer yang masih berada dalam batas-batas aturan pertempuran yang telah ditetapkan. Pidato yang disampaikan oleh pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, menunjukkan bahwa Hizbullah tidak berkeinginan untuk memulai perang skala besar.