https://journalofserviceclimatology.org/Joe Biden Mengatakan Bahwa Putin Bertanggung Jawab Atas Kematian Alexei Navalny

journalofserviceclimatology.org – Presiden AS Joe Biden memberikan tanggapan terhadap kematian Alexei Navalny, seorang tokoh oposisi yang dikenal karena kritikannya terhadap Kremlin dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Navalny dilaporkan meninggal di penjara di wilayah Yamalo-Nenets. Biden menyatakan bahwa ia tidak terkejut akan berita tersebut namun merasa marah.

“Saya merasa marah dan pada saat yang sama, tidak terkejut mendengar apa yang terjadi,” ujar Biden di Gedung Putih.

Dalam komentarnya, Biden menghormati keberanian Navalny, menyoroti pilihan Navalny untuk kembali ke Rusia setelah insiden percobaan pembunuhan terhadap dirinya dengan racun pada tahun 2020, alih-alih memilih hidup dalam pengasingan di luar negeri.

Biden menegaskan bahwa menurutnya, keberanian dan dedikasi yang ditunjukkan oleh Navalny merupakan sifat-sifat yang tidak dimiliki oleh Putin. Presiden AS tersebut menimpakan tanggung jawab atas kematian Navalny kepada Putin, dengan tegas menyatakan, “Putin bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada Navalny.”

Laporan sebelumnya menyebutkan bahwa Navalny merasa tidak enak badan setelah berjalan-jalan dan kehilangan kesadaran tidak lama setelahnya. Meskipun tim medis darurat telah dipanggil dan berusaha untuk menyelamatkannya, upaya tersebut tidak berhasil, dan Navalny dinyatakan meninggal. Penyebab pasti kematiannya masih dalam proses investigasi.