https://journalofserviceclimatology.org/PBB Desak Penyelidikan Kematian Alexei Navalny di Penjara

journalofserviceclimatology.org – Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, menyatakan rasa keterkejutannya atas berita meninggalnya Alexei Navalny, kritikus terkemuka dari Kremlin dan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang terjadi selama masa penahanannya. Pernyataan ini disampaikan oleh juru bicara Guterres, Stephane Dujarric, dan dilaporkan oleh AFP pada hari Sabtu, tanggal 17 Februari 2024.

Dujarric mengutarakan bahwa Guterres mendesak dilakukannya investigasi yang mendalam, dapat dipercaya, serta transparan mengenai kematian Navalny selama ia berada di penjara, untuk mengetahui kebenaran di balik peristiwa tersebut.

Sebelumnya, menurut laporan yang dirilis pada tanggal 16 Februari, Navalny dilaporkan meninggal dunia di penjara yang terletak di distrik Yamalo-Nenets. Navalny dikatakan merasa tidak sehat setelah melakukan aktivitas berjalan-jalan.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa Navalny kehilangan kesadaran hampir seketika setelah merasa tidak enak badan. Setelah kejadian itu, tim medis darurat penjara segera dipanggil. Walaupun tim medis berusaha keras untuk menyadarkan Navalny, upaya tersebut tidak membuahkan hasil dan ia dinyatakan tewas.