https://journalofserviceclimatology.org/Pembubuhan Dante Bantah Telah Browsing Akses CCTV Kolam Renang

journalofserviceclimatology.org – Dalam penyelidikan kasus pembunuhan Dante, usia 6 tahun, anak Tamara Tyasmara, Kombes Wira Satya Triputra dari Polda Metro Jaya menyampaikan temuan baru. Yudha Arfandi, tersangka dalam kasus ini, dilaporkan telah melakukan pencarian informasi mengenai sistem pengawasan CCTV di area kolam renang Taman Palem, Jakarta Timur, melalui internet sebelum peristiwa tersebut. Namun, Yudha sendiri menyangkal telah melakukan pencarian tersebut.

Penyelidikan digital forensik yang dilakukan oleh ahli menunjukkan adanya riwayat pencarian di perangkat seluler milik Yudha yang berkaitan dengan akses CCTV di lokasi kolam renang. Kombes Wira menjelaskan bahwa bukti digital ini menunjukkan bahwa pada waktu tertentu, Yudha memang mencari informasi tentang CCTV kolam renang tersebut.

Selama rekonstruksi kasus, terungkap bahwa Yudha menggunakan ponselnya untuk mencari informasi tentang keberadaan CCTV di kolam renang Taman Palem. Informasi ini didapatkan dari keterangan ahli siber yang menjadi bagian dari bukti dalam rekonstruksi yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

Rekonstruksi tersebut juga menyertakan detail bahwa Yudha dan putrinya Dante, bersama dengan anak Yudha yang lain, diantar oleh sopir mereka Jafar dengan mobil Avanza hitam menuju kolam renang pada pukul 15.00 WIB, sebagaimana disampaikan dalam adegan rekonstruksi kasus oleh penyidik.

Dengan memanfaatkan bukti digital forensik, kepolisian dapat menambahkan lapisan informasi penting ke dalam penyelidikan mereka terhadap kasus pembunuhan ini.