https://journalofserviceclimatology.org/Tentara Rusia Mendapatkan Keuntungan Strategis Dari Kemenangan di Donetsk

journalofserviceclimatology.org – Menurut pernyataan resmi dari Rusia, pasukan mereka telah memperoleh keuntungan strategis di kawasan Avdiivka dan Donetsk. Hal ini terjadi setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin, memberikan instruksi agar militer Rusia meningkatkan operasi mereka di wilayah Ukraina setelah konflik yang telah berlangsung selama dua tahun. Kementerian Pertahanan Rusia menyampaikan bahwa pasukan mereka telah berhasil mengusir pasukan Ukraina dari lokasi-lokasi penting di dekat Klishchiivka, Dleyevka, dan Kurdiumivka di wilayah Donetsk. Informasi ini menyatakan bahwa pasukan Rusia telah menduduki posisi yang lebih strategis di sekitar Avdiivka, kota yang direbut oleh Rusia di awal bulan.

Dari Moskow, diberitakan bahwa pasukan Rusia telah berhasil mengatasi beberapa serangan balasan dari Ukraina di wilayah konflik tersebut, dengan mengklaim berhasil menembak jatuh sejumlah drone Ukraina. Namun, laporan ini belum diverifikasi secara independen oleh sumber luar seperti Reuters, yang seringkali menyediakan konfirmasi atas klaim semacam ini dalam konflik.

Presiden Putin menyatakan bahwa keberhasilan militer mereka di Avdiivka akan menjadi langkah awal untuk peningkatan operasi militer lebih lanjut di Ukraina. Operasi militer Rusia yang dimulai pada Februari 2022 telah mengakibatkan perang berskala besar, melanjutkan pertikaian yang telah berlangsung selama delapan tahun di wilayah timur Ukraina.

Di sepanjang garis depan yang membentang hingga 1.000 kilometer, pasukan Rusia menggunakan taktik pertahanan yang melibatkan penggunaan ranjau, pengawasan drone, dan dukungan artileri berat. Meski Rusia mengontrol wilayah yang kurang dari seperlima dari keseluruhan wilayah Ukraina yang diakui secara internasional, pemerintah Rusia menegaskan bahwa wilayah yang mereka kuasai merupakan bagian dari Federasi Rusia dan tidak akan dikembalikan.

Sementara itu, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, menegaskan tekadnya untuk terus berjuang sampai semua kehadiran militer Rusia dikeluarkan dari Ukraina. Di sisi lain, bantuan internasional dari negara-negara Barat kepada Ukraina telah mencapai angka 250 miliar euro, dengan tujuan untuk membantu Ukraina dalam mengatasi tantangan militer yang dihadapinya.